pulau bokori

Pulau Bokori, tempat wisata yang menjadi salah satu alasan mengapa para turis asing jatuh cinta dengan keindahan yang ada di dalam Indonesia. Pulau ini menawarkan kecantikan surgawi yang ada di Sulawesi Tenggara. Pengalaman berwisata di sini akan membuat Anda benar-benar menemukan kesan menyenangkan. Siap untuk berlibur?

Si kecil cabe rawit, mungkin itu perumpamaan yang pas untuk ditujukan pada pulau yang satu ini. Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia pulau yang satu tak akan mengecewakan kalian yang berkunjung kesini. Bahkan bisa dikatakan bahwa kalian harus memasukan pulau yang satu ini kedalam daftar tempat wisata yang harus kalian datangi jika datang ke Kendari.

Letak dari pulau yang satu ini bisa dikatakan tidak terlalu jauh dari Kendari. Selain itu tempat ini juga cukup terkenal dikalangan masyarakat lokal, jadi untuk mencari informasi mengenai tempat yang satu ini bisa dikatakan cukup mudah. Jika kalian ingin berkunjung dan menikmati keindahan pulau yang satu ini maka kalian dapat menyewa perahu-perahu milik penduduk yang terdapat di dermaga. Harga sewa bisa saja berbeda-beda tergantung bagiamana kalian dapat menawarnya dengan baik. Pulau yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat cantik.

Selain itu juga tempat ini bisa menjadi sebuah spot diving yang juga tak kalah menariknya. Pemandangan bawah laut diĀ  pulau ini memang sangat cantik dan menarik. soal fasilitas tak perlu diragukan, fasilitas di pulau ini sudah tergolong cukup lengkap dan memadai. Bagi mereka yang ingin menginap, kita bisa menemukan beberapa penginapan yang ada di Pulau ini. Berlibur sambil bersantai dan menikmati pemandangan indah Pulau Bokori tentunya tak akan menjadi sebuah pilihan yang buruk.

Asal Mula Pulau Bokori

Tahukah Anda bahwa dulunya penduduk Desa Bokori ini menetap di Pulau Bokori? Pulaunya memang kecil tapi tak begitu jauh dari desa ini. Boko dalam bahasa Bajo artinya adalah penyi. Sementara ri berarti tempat. Bokori merupakan tempat bertelurnya penyu sebelum dulunya dihuni oleh manusia.

Ketika mulai dikembangkan sebgai destinasi wisata, para penduduk direlokasi pertama kalinya di tahun 1984. Menyusul di tahun 1987 pemindahan penduduk ini membentuk Desa Bokori yang akhirnya mekar lagi menjadi sebuah Desa Bajo Indah setelah kurang lebih tiga tahun.

Dari ketiga desa ini letaknya berada di pesisir daratan utama yakni Sulawesi Tenggara. Waktu yang dibutuhkan sekitar satu perjalanan dari Kendari tepatnya berada di sebelah barat Pulau Bokori yang sekarang sudah tidak ada lagi penduduknya.

Keindahan Objek Wisata Pulau Bokori

Semenjak jadi lokasi wisata di awal era 90an, eks dari kampung nelayan ini memang perlahan dibenah. Anda yang berada di sini bisa merasakan bagaimana pemandangan yang menakjubkan. Ada gugusan pulau kecil yang ada di Kepulauan Hawaii. Juga dengan adanya debur ombak serta hamparan pasir putih yang berlatar barisan pohon kelapa. Pemandangan semacam ini bisa membuat hati menjadi lebih sejuk.

Terutama ketika Anda melihat bagaimana pecahan debur ombak dan ketika laut terlihat begitu luas dan biru. Anda bisa berenang atau sekadar bermain air di bibir pantai.

Ada cottage atau villa kecil yang terbuat dari kayu dan tertata rapi. Di sinilah bisa dijadikan sebagai penginapan untuk yang ingin memandangi tempat wisata pada malam hari. Biasanya para pengunjung akan datang pagi hari setelah matahari terbit sehingga mereka bisa berenang dan berjemur.

Fasilitas di Pulau Bokori

Fasilitas yang dimiliki Pulau Bokori juga cukup lengkap. Beberapa fasilitas ini memang lengkap untuk mandi dan membersihkan diri. Bahkan sejak ada di bawah pengawasan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, fasilitas seperti MCK ternyata mendapat perhatian yang khusus.

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda temukan. Spot ini ternyata dibangun oleh Dinas Cipta Karya Provinsi Sulawesi Tenggara yang sering menjadi rebutan para pengunjung. Sebab, spot foto yang diciptakan sangat menarik perhatian. Para wisatawan juga sering mengambil foto di sepanjang garis pantai Pulau Bokori.

Related Posts