Gua Margo Tresno

Goa Margo Tresno adalah salah satu obyek wisata di Jawa Timur yang terletak di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Wisata Goa Margo Tresno Nganjuk adalah destinasi wisata yang ramai dengan wisatawan baik dari dalam maupun luar kota pada hari biasa maupun hari liburan dan sudah terkenal di Nganjuk dan sekitarnya. Pemandanga yang menyambut anda di  tempat ini begitu indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari yang penuh dengan kepenatan dan rasa stres. Goa Margo Tresno juga mempunyai pesona keelokan yang menjadi magnet untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Nganjuk tidak mengunjungi wisata Goa Margo Tresno Nganjuk yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Pada jaman perang Pajang, daerah Margo Tresno (yang dulu disebut Ubalan) merupakan tempat persembunyian dan berada di bawah pengamanan punggowo yang bernama Tlimah. Seorang punggowo yang paling muda yang dikenal jagoan dan mempunyai kesaktian dengan tugas utama untuk menjaga, menahan, menolak, memerangi dan melindungi dari segenap ancaman dan marabahaya agar tetap tercipta kehidupan yang aman dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Berkat sawab linuwih yang dimiliki punggowo Tlimah ini, Goa Margo Tresno ini kemudian tumbuh dan hidup sebuah kepercayaan bahwa kawasan ini merupakan kawasan yang sangat manjur dan paling tepat untuk melakukan kegiatan “lamun-lamun”. Terutama untuk kegiatan olah rasa dan olah pikir. Mulai mencari inspirasi, mencerahkan hati, niat, pikiran, dan membangun kembali ikatan kebahagiaan, serta kedamaian hati.

Suasana di dalam Goa Margo Trisno terkesan sangat magis. Sepanjang perut goa, gelap gulita. Bunyi ribuan kelelawar menambah seramnya suasana. Terlebih, lokasinya goa itu sendiri berada di tengah belantara hutan jati Pegunungan Kendeng. Menurut Juru Kunci nama Margo Tresno berasal. Margo berarti jalan, dan tresno berarti cinta. Meski Goa Margo Tresno dipercaya membawa ketentraman dan kelanggengan rumah tangga bagi orang yang memasukinya, masyarakat sekitar ternyata tidak dapat menikmati berkah ini. Hanya orang- orang di luar wilayah Ngluyu yang bisa merasakannya.

Gua Margo Tresno adalah salah satu tempat wisata di kota Nganjuk yang paling populer. Terletak di pedalaman, seperti namanya, gua adalah objek wisata dari tempat yang kental akan suasana magisnya tersebut.

Mengapa disebut magis? Ya, saat anda masuk ke dalam Gua Margo Tresno, anda akan disuguhkan dengan suasana yang cukup mencekam dimana tidak ada penerangan di dalam tersebut. Suara-suara kelelawar juga bisa anda rasakan. Namun, tenang, mereka tidak membahayakan.

Penamaan Gua Margo Tresno ternyata punya arti tersendiri. Margo artinya jalan dan Tresno artinya Cinta. Jika digabungkan, maka Margo Tresno berarti Jalan Cinta.

Arti dari Gua Margo Tresno tersebut dipercaya mampu membuat hubungan rumah tangga menjadi langgeng. Tak heran jika kemudian Gua Margo Tresno menjadi tempat favorit wisatawan yang sudah berkeluarga.

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa masuk ke dalam Gua Margo Tresno. Cukup siapkan uang sebesar 5.000 rupiah saja.

nikmati liburan kamu yang manarik bersama http://www.traveloka.com

Related Posts